AS ancam isolasi Rusia

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Condoleezza Rice memperingatkan Rusia akan ancaman isolasi dunia internasional. Hal ini terkait penolakan negara beruang merah itu untuk menghentikan perang dengan Georgia.

"Saya harus mengatakan dan melaporkan tanggapan dari Rusia sangat tidak memberikan harapan untuk menghentikan perang, sesuai janji yang sudah mereka lontarkan," kata Condoleezza seperti dikutip AFP, Kamis (14/8/2008).

"Kebijakan itu hanya untuk membuat semakin kuatnya semangat mengisolasi Rusia karena tetap bergerak perang," tambah Condoleezza.

Saat ini Condoleezza juga sedang dalam perjalanan menuju Prancis dan Georgia untuk mendukung Sarkozy mengupayakan perdamaian antara Georgia dan Rusia. "Rusia harus mengakhiri operasi militernya," ujar Condoleezza.

Pasukan Rusia dan beberapa pasukan dari Abkhazia dan Ossetia Selatan merampas dan membakar rumah-rumah di Georgia. Hal ini dianggap sebagai tindakan pelanggaran perjanjian perdamaian perang yang sempat digelar selama lima hari.

Sehari setelah proposal perdamaian yang diperantarai Presiden Prancis Nicholas Sarkozy, Rusia dihadapkan dengan kritik dari dunia barat karena masih tetap melancarkan serangan.

Di saat bersamaan Presiden AS, George W Bush juga menuntut kepada Rusia untuk menarik seluruh pasukannya dari Georgia.

"Kita dapat laporan dari Georgia bahwa dalam kenyataannya Rusia masih belum mengakhiri operasi militernya," tegas Condoleezza.

POJOK SAHABAT