Memulai Sebuah Blog : Seputar Informasi


Sebelum kita mulai membuat sebuah blog, ada tahapan-tahapan yang harus diperhatikan agar dalam pelaksanaannya bisa terstruktur, yaitu : analisa & persiapan, perancangan blog, dan pelaksanaan & pengelolaan blog

· Tahap Analisa & Persiapan

Analisa menjadi tahapan awal dalam memulai sebuah blog. Dalam tahap ini kita harus bisa menganalisa kebutuhan blog yang akan kita buat. Tahap ini meliputi analisa kebutuhan dan penentuan tema / topik blog yang akan kita buat.

Dalam menganalisa kebutuhan kita harus bisa menentukan kebutuhan yang diperlukan untuk membuat blog, kita juga harus pintar melihat tema / topik apa yang paling banyak diminati orang, dengan cara browsing di internet. Dari hasil analisa tersebut, kita bisa menentukan tema / topik apa yang akan kita angkat dalam blog.

Setelah kita menemukan tema yang diinginkan, langkah selanjutnya adalah tahap persiapan dengan cara mencari artikel sebanyak-banyaknya yang sesuai dengan tema kita.

· Perancangan Blog

Banyak cara untuk merancang sebuah blog, bagi anda yang terbiasa dengan bahasa pemrograman tentu bukanlah hal yang sulit. Merancang blog sama dengan membuat sebuah web, bahasa yang digunakannya pun sama, bahasa pemrograman seperti PHP, JavaScript, HTML, XML, dsb.

Bagi orang-orang yang awam terhadap bahasa pemrograman seperti yang disebutkan, tidak perlu khawatir karena kini sudah banyak penyedia jasa pembuatan web secara gratis di internet, seperti Blogger.com, wordpress.com , blogsome.com, blogdrive.com, dsb.

Dalam pembahasan ini, saya menggunakan Blogger.com untuk membuat sebuah blog. Karena saya rasa lebih mudah pembuatannya. Sebelum memulai pastikan anda mempunyai alamat email di Google (jika anda belu memiliki account Google silahkan daftar di www.mail.google.com). Berikut langkah-langkah pembuatan blog :

1. Buka www.blogger.com dan lakukan login menggunakan account Google anda

2. Tentukan nama blog anda


3. Tentukan template


4. Mulai dengan blog anda

Catatan : jika anda ingin mengubah template blog anda diluar template dari blogger.com maka sekarang waktu yang tepat, jika anda melakukan hal ini setelah anda melakukan posting, anda akan mengalami kesulitan dalam pengaturan template. Anda bisa mengunjungi www.finalsense.com/services/blog_templates/, disini ada banyak pilihan template gratisan. Copy seluruh script-nya, hapus seluruh script pada blog anda dan paste ke dalam blog anda. (Dashboard > Layout Edit HTML)

Setelah itu klik “Preview” untuk melihat tampilannya, jika tidak bisa berarti ada error pada script -nya (kecuali jika anda bisa mengatasinya) ini dikarenakan script yang digunakan tidak compatible dengan standar blogger.com. Setelah ok, "Save template".

Kini anda sudah mempunyai blog buatan anda sendiri. Setelah itu bagaimana anda mengelolanya.




POJOK SAHABAT