Sekilas tentang Blog : Seputar Informasi

Mungkin bagi sebagian orang awam bertanya-tanya..”apa sih sebenarnya blog itu?”. Blog (kependekan dari Weblog) pada awalnya hanyalah sebuah tulisan seseorang yang berisikan ide-ide atau hanya sekedar menceritakan kisah hidupnya yang dituangkan ke dalam media internet. Oleh karena itu istilah blog ini bersifat personal.

Berikut keterangan mengenai blog oleh beberapa tokoh dunia :

1. John Barger (Desember 1997) : weblog/blog adalah sebutan untuk kelompok website pribadi yang diupdate secara kontinyu dan berisi link-link lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.

2. Scott Rosenberg (Mei 1999) : blog berada pada batasan website yang lebih bernyawa daripada sekedar kumpulan link tapi kurang instrospektif dari sekedar sebuah diary yang disimpan di internet.

3. Roger Yim (Februari 2001) : blog adalah persilangan antara diary seseorang dan daftar link di Internet.

Dari ketiga keterangan diatas, dapat disimpulkan bahwa blog = diary / catatan seseorang yang dipublikasikan melalui media internet atau dengan kata lain blog adalah diary online.

Perkembangan dunia informasi dan teknologi internet memberikan dampak yang luas bagi perkembangan blog. Yang awalnya blog hanyalah sebuah catatan seseorang mengenai kehidupannya, kini blog menjadi sebuah media di dunia maya (internet) yang berisikan artikel mengenai informasi-informasi yang ada di jagad raya ini.

Media blog pertama kali diperkenalkan oleh PyraLab dengan Blogger.com – nya, yang pada tahun 2002 lalu PyraLab diakuisi oleh Google. Sejak saat itu banyak aplikasi blog yang bersifat open source (gratisan) diantaranya wordpress.com , blogsome.com, blogdrive.com , dsb.

Blog mulai “meledak” pada awal tahun 2003, blog mulai dijadikan media untuk berbagai aktivitas online, menyampaikan informasi, berita, kampanye, mencari koneksi, media publikasi, media iklan dsb. Banyak para pengusaha atau wirausahawan yang mulai fasilitas ini untuk memasarkan produknya secara online, cara ini menjadi keuntungan sendiri bagi pemiliknya karena pemasaran atau kegiatan transaksi secara online tidak memerlukan biaya yang tinggi. Untuk kasus penjualan buku, cara ini bisa menjadi keuntungan si penjual buku, mereka tidak perlu biaya produksi buku, mereka bisa mengirimkannya dalam format *.pdf / *.doc kepada si pembeli.

Kini banyak orang menggunakan blog sebagai sumber pencari uang tanpa menjual produk. Kok bisa?? Jawabannya jelas bisa. Kita hanya perlu modal ide dan kreatifitas sendiri dalam menulis artikel sebanyak-banyaknya, dan menuangkannya ke dalam blog kita. Apabila blog kita banyak dikunjungi orang, itu akan menjadi daya tarik bagi pemilik iklan (advertiser) untuk memasangkan iklannya di dalam blog kita. Inilah kenapa blog disebut sebagai ladang usaha tanpa modal.

POJOK SAHABAT