Kemenangan Obama ubah citra negatif AS

Seputar Informasi - Kemenangan Barack Obama sebagai Presiden Amerika Serikat, dinilai pengamat politik luar negeri Indonesia Dewi Fortuna Anwar, akan mengubah citra negatif pemerintah Amerika di mata masyarakat Indonesia, Rabu (5/11/2008).

Menurutnya, beberapa tahun belakangan, hubungan antara pemerintah Bush dan Indonesia memang sangat dekat. Salah satunya adalah pencabutan embargo militer beberapa tahun lalu. Selain itu hubungan sangat baik juga terjadi dibidang ekonomi. Namun Dewi melihat, baiknya hubungan kedua negara, hanya dilihat dari sisi pemerintah Indonesia saja.

Sementara masyarakat Indonesia masih melihat pemerintahan Bush sebagai agresor, terkait masalah Irak dan Afghanistan. Terpilihnya Obama, lanjut Dewi, setidaknya akan mengubah kesan Amerika sebagai bangsa yang selalu menggunakan pendekatan militer untuk menyelesaikan konflik global, terutama terkait isu terorisme.

Menurut Dewi ini bisa dilihat dari kebijakan Obama yang disampaikan dalam kampanye-kampanyenya, bahwa dia akan mengedepankan dialog serta duduk bersama dengan musuhnya dalam menyelesaikan konflik. Obama juga merupakan figur yang dekat dengan kalangan apa pun, untuk itu Dewi yakin cara Obama dalam menyelesaikan konflik akan jauh berbeda dengan pendekatan Bush. Inilah yang dilihat dunia sebagai harapan, Amerika di tangan Obama akan mengangkat citra negara tersebut sebagai negara demokratis.

Setidaknya ini terlihat dari pernyataan Obama soal konflik nuklir Iran. Obama lebih memilih pendekatan dialog melibatkan lembaga internasional terkait, ketimbang Bush yang berupaya menyerang negara mulah tersebut. 

(okezone.com)

POJOK SAHABAT