Perkuat Bisnis Nirkabel, Ericsson gandeng STMicro : Seputar Informasi

SWEDIA - STMicroelectronics dan Ericsson telah sepakat untuk menggabungkan unit usaha masing-masing menjadi perusahaan patungan yang baru.

Ericsson akan menggabungkan unit bisnis selulernya dengan unit usaha nirkabel milik STMicroelectronics yang bernama ST-NXP Wireless. Sebelumnya, ST-NXP Wireless merupakan perusahaan patungan milik STMicroelectronics dan NXP. Nantinya, kemungkinan besar, saham milik STMicro akan dibagi lagi dengan NXP sesuai dengan kesepakatan keduanya.

Sedangkan bagi STMicro dan Ericsson, revenue dari perusahaan patungan tersebut nantinya akan dibagi secara merata 50:50. Perusahaan baru tersebut pun nantinya akan mempekerjakan sekira 8000 orang karyawan dengan prediksi penjualan mencapai USD3,6 miliar.

Dilansir melalui Cellular News, Sabtu (23/8/2008), saat akuisisi ini terjadi, perusahaan baru akan disediakan dana segar sekira USD400 juta. Dana tersebut merupakan kontribusi dari Ericsson yang seharusnya menyediakan dana segar sekira USD1,1 miliar. Namun dana sekira USD700 juta telah diberikan kepada STMicro sebagai dana akuisisi.

(www.okezone.com)

POJOK SAHABAT